Selasa, 10 Maret 2009

Muaro Paiti Nagari Pilot Projeck Adat





Bupati Limapuluh kota Menunjuk secara langsung 13 nagari dari 13 kecamatan di kabupaten Limapuluh Kota men-jadi nagari "Pilot Project Adat". Muaro Paiti merupakan salah satu dari nagari yang ditunjuk sebagai nagari "Pilot Project Adat" di kab Limapuluh Kota. Pada tahap pertama Revitalisasi nagari adat kab Limapuluh Kota secara resmi di canangkan bapak Bupati Limapuluh Kota, Amri Darwis pada hari Jumat tanggal 6 Maret 2009 di gedung Kerapatan Adat Nagari (KAN) Muaro Paiti.
Kegiatan yang direncanakan di isi dengan serangkaian acara, mulai dari penyambutan bupati Limapuluh Kota dengan tari pasambahan, kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan dan iring-iringan seperti tradisi adat nagari Muaro Paiti yang unik. Pada arak-arakan tersebut terdapat semua unsur lemba-ga yang ada di nagari Muaro Paiti.
Pada hari itu juga bisa kita lihat Ninik mamak dengan pa-kaian kebesarannya, Alim ulama, Cerdik pandai dengan kedu-dukannya masing-masing. Bundo kandung dengan tanduk khas Muaro Paiti yang berbeda dari tanduk dari daerah lain.
Arak-arakan ini di mulai dari depan BPR Muaro Paiti hingga kantor KAN Muaro Paiti. Hasruji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar