Selasa, 10 Maret 2009

Memilih Sesuai Dengan Nurani




Wawancara Eksklusif dengan Mantan Kepala Desa Muaro Paiti 1982-1989, Masli S.

KAMIS sore (26/2) yang lalu, Buletin Himapemupa berkunjung ke rumah Masli S, di jalan Bundo Kanduang no 12 Muaro Paiti. Sosok yang pernah menjadi orang nomor satu di Muaro Paiti pada tahun 1982-1989 ini saat di jumpai sedang berbaring di tempat tidur sambil menonton berita di televisi. Dia terlihat sedikit kesakitan sambil sesekali memegang kaki nya. Dia menuturkan kalau penyakit rematiknya sekarang memang sering kambuh. Sosok yang akrab di panggil Mak Masli ini memang sekarang sudah tidak muda lagi, umurnya telah mencapai 64 tahun. Namun sema-ngatnya untuk bercerita masih terlihat jelas, saat Buletin ini datang, dia menyambut hangat dan bercerita panjang lebar mengenai Muaro paiti. Berikut petikan wawancara Buletin Himapemupa dengan salah satu tokoh Muaro Paiti yang juga sempat menjadi Sekretaris Desa ini.

Selamat sore pak,apa kabarnya?
Sore juga, alhamdulillah baik, cuma rematik saya kambuh, kaki ini sakit dibawa duduk. Makanya saya bawa tidur-tidur.

Bagaimana pandangan bapak terhadap masayarakat Muaro Paiti yang sebentar lagi akan menyambut Pemilu 2009?
Masyarakat Muaro Paiti saat ini saya lihat masih banyak yang bimbang (bagolau), mereka kadang belum mengetahui Caleg mana yang akan mereka pilih untuk menjadi anggota legislatif.

Bagaimana pula pendapat bapak mengenai banyaknya Caleg dari Muaro Paiti yang ikut bertarung pada Pemilu 2009 ini?
Menurut saya banyaknya Caleg dari Muaro Paiti justru merugikan Muaro Paiti sendiri, karena menyebabkan suara akan menjadi pecah. Sebab andaikan yang diusung cuma 2 atau 4 caleg saja, bisa jadi mereka terpilih dan bisa duduk di kursi legislatif yang nantinya akan memperjuangkan hak dan keinginan masyarakat Muaro Paiti.

Pendapat bapak terhadap Golput alias tidak ikut memilih?
Jangan Golput! Itu akan merugikan kita sendiri. Sebab hak dan kewajiban setiap orang harus memilih dan menentukan pilihan, dan semoga nantinya caleg yang bisa duduk di kursi Legislatif dapat memperjuangkan aspirasi kita masyarakat kabupaten Limapuluh Kota dan Kapur Sembilan khususnya.

Terakhir, mungkin ada pesan bapak pada masyarakat Muaro Paiti yang akan mengikuti Pemilu 9 April mendatang?
Karena pemilu merupakan kesempatan menyampaikan isi hati dan menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani kita masing-masing, gunakanlah suara itu dengan baik. Kepada Caleg juga harus dewasa menerima hasil Pemilu.

Terimakasih pak, atas waktu dan kesempatannya. Senang bercerita dengan Bapak.
Oke, sama-sama.. Sukses buat Buletin Himapemupa dan sampaikan salam saya kepada semua warga Muaro paiti dan pembaca Buletin Himapemupa. Yeno

Nama: Masli S
Umur: 64 tahun
Jabatan:
1.Wali Jorong
Periode 1974-1982
2.Kepala Desa
Periode 1982-1983
3.Kepala Desa
Periode 1983-1989
4.Sekretaris Desa
Periode 1991-2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar