Kamis, 16 April 2009

Gagal

SIRAMAN ROHANI

seperti halnya sukses, gagal juga tak mengenal orang.kegagalan dapat saja menimpa setiap orang. tidak pandang apakah ia pejabat birokrat, pengusaha, pegawai negeri, bahkan rakyat jelata sekalipun. kegagalan juga tidak pernah mengenal waktu. ia dapat datang kapan saja, tanpa diduga sebelumnya.
namun, jangan pernah takut dengan kegagalan. orang yang takut gagal berarti orang yang tak mau mengambil resiko. dan orang yang tak mau mengambil resiko adalah ciri- ciri orang yang kalah. seperti halnya perang, pasukan yang kalah adalah pecundang yang ujung- ujungnya akan menjadi budaknya para pemenang.
kegagalan bukanlah cita- cita. kadatangannya paling tidak diharapkan banyak orang. bahkan berbagai cara dibuat untuk menghindarinya. namun, jika ia datang tidak sepantasnya kita mengelak. tidak sepantasnya pula kita berhenti beraktivitas, bangkrut, apalagi frustasi.
sepatutnya menerima kegagalan ini dengan jiwa besar, dengan lapang dada, sikap optimis dan senyuman. karena sesungguhnya kegagalan adalah awal dari keberhasilan. artinya kian dekat dengan cita- cita: kesuksesan.
disinilah relevansinya ungkapan kegagalan adalah guru terbaik. kegagalan tidak berarti apa- apa tanpa ada penyikapan yang benar. bahkan dapat berubah menjadi virus jahat yang mematikan jika salah menyikapinya. selalu saja ada hikmah dari sebuh peristiwa. begitu pula dengan kegagalan, serisu satu manfaat di balik sebuah kegagalan, dan kita dapat belajar dari kegagalan itu. karena itu jangan takut untuk mencoba. jangan pernah ragu untuk memulai cita- cita. segeralah jalankan segala ide besar anda. lebih baik kita mencoba dan gagal, dari pada tidak pernah mencoba dan tidak pernah gagal.
tidak sedikit orang besar di dunia ini bermula dari kegaga;an. thomas alfa edison misalnya, ia berhasil menemukan lampu pijar setelah melewati kegagalan sebanyak 10.000 kali. kini, lampu pijar hasil kegegelanya itu menerangi seluruh penjuru dunia. jadi, jangan pernah takut untuk gagal. mulailah melangkah karena pintu kesuksesan terbuka lebar.(IRD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar